Senin, 07 Juli 2025

MODUL 1 "Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada Pembelajaran"

 

JUDUL

Menerapkan Pembelajaran dengan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 7 Materi “Things Around Me”

A.    LATAR BELAKANG

Setiap pembelajaran akan berpusat pada peserta didik dan menuntut perhatian terhadap keragaman kemampuan awal yang mereka miliki. Di dalam kelas pasti peserta didik mempunyai latar belakang pengetahuan, keterampilan, dan kesiapan belajar peserta didik dalam menciptakan pembelajaran yang mendalam. Oleh karena itu penting bagi para guru untuk mampu merancang strategi yang responsif dan peka terhadap perbedaan tersebut.

Setiap guru berjumpa dengan peserta didik dengan karakteristik yang berbeda, sedangkan salah satu dari karakteristik tersebut adalah kemampuan awal, maka dari itu kemampuan awal yang berbeda terhadap sebuah materi, sehingga guru harus merancang kegiatan pembelajaran dan memberi fasilitas yang sesuai dengan kemampuan awal mereka.

Untuk mengungkap kemampuan awal dari setiap peserta didik, guru biasanya melakukan asesmen awal. Hasil asesmen di jadikan oleh guru untuk memetakan kemampuan awal, berbekal hal tersebut guru merancang aktivitas berbeda dengan disesuaikan tingkat capaian peserta didik. Salah satu pendekatan yang dapat membantu seorang guru adalah Teaching at The Right Level (TaRL).

Teaching at The Right Level sering disebut juga dengan “Mengajar pada level yang tepat”. Adalah sebuah pendekatan yang berfokus pada tingkat kemampuan actual siswa, bukan pada usia atau kelas mereka. Pendekatan ini lahir dari kesadaran bahwa setiap peserta didik punya hak yang sama. Bahwa Pendidikan di Indonesia banyak sekali yang bertahun – tahun belajar di sekolah, tapi belum maksimal dalam sebuah pembelajaran, dikarenakan terdapat perbedaan awal dari setiap peserta didik.TaRL berpusat pada siswa dan menekankan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan.

 

B.     KONSEP PEMBELAJARAN

Sebelum membahas terlalu dalam untuk menyesuaikan dengan judul saya diatas, tentang Menerapkan Pembelajaran dengan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 7 Materi “Things Around Me”. Teaching at The Right Level (TaRL) adalah pendekatan pedagogi yang mempunyai tujuan untuk memastikan bahwa setiap peserta didik dapat belajar pada tingkat sama meski kemampuan berbeda, ada beberapa konsep TaRL yang akan saya terapkan diantaranya adalah :

1.      Asesmen awal (Diagnostic Assessment)

Asesmen awal ini dilakukan secara system penilaian cepat dikarenakan perpindahan materi satu dengan materi selanjutnya, jadi kesempatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kemampuan peserta didik tentang materi “things around me”, peserta didik dapat berfokus pada penguasaan kosakata dasar benda – benda yang ada disekitar mereka, sesuai kemampuan lewat pertanyaan dan dijawab langsung oleh peserta didik. Hal ini akan terlihat dari kemampuan mereka merespon pertanyaan sederhana, dengan mendiskripsikan secara singkat.

 

2.      Pengelompokan peserta didik (Grouping)

Setelah pelaksanaan Asesmen awal, berdasarkan data yang saya peroleh, peserta didik akan saya bagi menjadi tiga kelompok sesuai dengan kemampuan mereka, seperti kelompok pertama terdiri dari kelompok pemula, kelompok kedua yaitu kelompok menengah, dan kelompok ketiga terdiri dari kelompok mahir.

 

3.      Pembelajaran terarah (Targeted Instruction)

Setelah terbentuk tiga kelompok tadi, maka setiap kelompok akan mendapat intruksi dan aktivitas  atau tugas yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan mereka. Materi dan metode pembelajaran yang disesuaikan agar peserta didik tidak terlalu mudah membuat mereka bosan dan tidak terlalu sulit, yang menyebabkan frustasi.

a.   Kelompok pemula difokuskan pada pengenalan kosakata dasar, pelafalan, dan struktur kalimat yang sangat sederhana semisal (This is a book”).

b.  Kelompok menengah tugas yang diberikan diperluas dalam kosakata, dengan memperkenalkan frasa deskripsi yang sederhana, dan melatih peserta didik menggunakan adjectives, contoh nya (“This is a white eraser”)

c.   Kelompok mahir diberikan tugas melalui pengembangan deskripsi yang lebih detail, menggunakan kalimat majemuk, dan memberikan kesempatan berlatih mengucapkan pelafalan yang lebih jelas sesuai pronunciation, semisal (This is a blue pen with an expensive price, and prefect for writing notes”).

4.      Aktivitas beragam (Varied Activities)

Pada kesempatan ini bisa dilakukan ketika ditengah-tengah pembelajaran, atau saat penyampaian materi pembelajaran berlangsung. Dengan meggunakan berbagai jenis kegiatan yang menyenangkan dan interaktif seperti permainan kata, tebak-tebak an, role playing bertujuan untuk menjaga motivasi peserta didik, agar tetap semangat.

5.      Pemantauan dan Penyesuain (Monitoring and Adjusment)

Selama proses pembelajaran guru selalu memantau perkembangan siswa dan fleksibel jika dibutuhkan pergantian siswa antar kelompok, ketika ada penurunan atau kenaikan kemampuan pada peserta didik.

6.      Fokus pada Hasil Belajar Konkret

Pada tahap ini ditekankan pada pencapaian keterampilan dasar yang bermakna, bukan hanya penyelesaian dalam materi kurikulum

 

C.    RANCANGAN PEMBELAJARAN

I.                   INFORMASI UMUM

Nama Madrasah                  : MTs Centong Sanankulon

Mata Pelajaran                     : Bahasa Inggris

Fase/Kelas                           : D / VII (Tujuh)

Materi Pokok                      : Things Around Me (Benda-benda di sekitar ku)

Alokasi Waktu                     : 2 x 45 menit

 

II.                KOMPONEN INTI

a.      Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat :

-          Mengidentifikasi nama – nama benda di sekitar (semisal di dalam kelas) dalam Bahasa Inggris yang benar

-          Menyebutkan nama – nama benda di sekitar dalam Bahasa Inggris dengan lafal dan intonasi yang tepat

-          Mendeskripsikan benda – benda sederhana (warna, bentuk, ukuran) menggunakan kosakata dan frasa yang relevan

-          Menggunakan definite dan indefinite article (a, an, the) dengan benar sesuai dengan konteks benda – benda

-          Membuat kalimat sederhana tentang benda – benda sekitar

-          Berpartisipasi aktif dalam diskusi dan kegiatan dalam kelompok

b.      Persiapan Pembelajaran

-          Menyiapkan kartu gambar (flashcard) benda – benda

-          Menyiapkan benda – benda nyata di dalam kelas

-          Menyiapkan lembar kerja singkat untuk siswa

-          Menyiapkan alat tulis dan papan tulis

c.       Kegiatan Pembelajaran

1.      Pendahuluan (10 menit)\

a.       Guru mengucapkan salam, berdoa di pimpin ketua kelas, mengecek kehadiran siswa

b.      Guru menunjukan sebuah benda yang ada didalam kelas, bertujuan agar peserta didik dapat menjawab pertanyaan, dikaitkan dengan materi “Things around me”.

c.       Guru menunjukan kartu bergambar sebuah benda, siswa dapat menebak gambar dengan kosakata Bahasa Inggris yang tepat, Guru mengajukan pertanyaan sederhana tentang warna benda, setelah itu guru mencatat respon siswa untuk menentukan tingkat kemampuan awal siswa

2.      Kegiatan inti (70 menit)

a.       Pengelompokan siswa (10 menit)

Berdasarkan hasil dari asesmen awal, guru membagi kelas menjadi 3 kelompok yaitu:

-                 Kelompok pemula : siswa yang kesulitan dalam mengidentifikasi kosakata dasar

-                 Kelompok menengah : siswa yang sudah mampu mengidentifikasi kosakata dasar tapi kesulitan dalam mendeskripsi

-                 Kelompok mahir : siswa yang sudah menguasai kosakata dasar dan sudah bisa mendeskripsi sederhana

b.      Pengelompokan terarah (60 menit)

-          Kelompok pemula : difokuskan pada pengenalan dan pengucapan kosakata benda-benda di dalam kelas. Guru menunjuk benda nyata dan siswa menirukan, bermain matching game (gambar dengan kata), dan Latihan pelafalan berulang. Mengisi lembar tugas yang berisi gambar dengan mewarnai serta menulis nama gambar tersebut, dan menyebutkan pelafalan lewat lisan.

-          Kelompok menengah : difokuskan pada perluasan kosakata dan mendeskripsikan benda dengan adjective dasar. Guru menunjukan sebuah gambar, siswa menyebutkan nama gambar disertai dengan adjective yang tepat secara lisan. Lembar tugas disuruh melengkapi kalimat sederhana dengan adjective yang tepat.

-          Kelompok mahir : difokuskan pada pengembangan deskripsi gambar lebih detail, membuat kalimat komplek, dan percakapan. Siswa mendeskripsikan benda secara lisan dengan beberapa adjective, guru memberikan deskripsi benda siswa menebak nama benda. Lembar tugas siswa adalah siswa membuat satu paragraph pendek deskripsi tentang sebuah benda.

c.       Pemantauan dan penyesuaian (sepanjang kegiatan inti)

Guru berkeliling, mengamati, dan memberikan arahan ketika ada kesulitan dari siswa. Dan siap untuk memindahkan siswa dari kelompok satu ke kelompok lain, jika ada yang menunjukan kenaikan kemampuan atapun sebaliknya jika mengalami penurunan kemampuan.

3.      Penutup (10 menit)

a.       Guru meminta seorang siswa perwakilan dari setiap kelompok untuk mempresentasikan satu hal yang mereka pelajari, dan guru memberikan penguatan umum

b.      Guru menuliskan beberapa kosakata atau frasa di papan tulis dan meminta siswa untuk mengulangi secara bersama

c.       Guru memberikan Kesimpulan pembelajaran dan memberikan motivasi kepada peserta didik untuk terus berlatih

d.      Memberikan tugas rumah di setiap kelompok sesuai kemampuan (missal, kelompok pemula menggambar 5 benda dan menulis namanya; kelompok menengah disuruh menulis deskripsi 3 benda; kelompok mahir menulis deskripsi tentang ruang kelas mereka)

e.       Doa dan penutup salam

 

d.      Asesmen (Penilaian)

1.      Asesmen diagnostic

Observasi saat asesmen awal (kemampuan mengidentifikasi dan merespon)

2.      Asesmen formatif

-          Keaktifan siswa dalam kelompok

-          Kemampuan siswa dalam mengidentifikasi, menyebutkan, dan mendeskripsikan benda sesuai dengan tingkat kemampuanya.

3.      Asesmen sumatif

Hasil dari tugas rumah/ tugas kelompok yang menunjukkan penguasaan materi sesuai tingkat kemampuan siswa.

 

D.    REFLEKSI

Sebagai seorang pendidik pasti tantangan kita akan semakin kompleks, saat ini dimana saya sebagai seorang guru mata pelajaran Bahasa Inggris di salah satu Madrasah Swasta di wilayah Blitar Jawa Timur, merasa bahwa disetiap kali mengajar, pasti berharap peserta didik mampu mencapai kriteria yang ditentukan. Akhirnya lewat Progam Profesi Guru Tahun 2025 ini, saya lebih tertarik dengan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL), meski belum memahami dengan maksimal, ternyata belajar itu terus saya usahakan. Melalui dunia tanpa batas, belajar itu bisa ditembus, serta mendapatkan beberapa penjelasan mengenai TaRL, apa yang dimaksud dengan TaRL? Inilah pemaparan yang saya peroleh

Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) adalah sebuah pendekatan yang lebih menfokuskan pada tingkat kemampuan siswa, bukan tingkatan kelas siswa di sebuah jenjang pendidikan. Apalagi disini saya mengajar di jenjang SMP, lebih tepatnya di Madrasah Tsanawiyah. Peserta didik saya itu sangatlah beragam dalam satu kelas, yaitu terdapat peserta didik yang kemampuan dasarnya sangat kuat, namun itu hanya beberapa siswa saja, karena yang lain itu masih banyak yang masih kesulitan dalam melafalkan kosa kata atau memahami struktur kalimat.

Disesuaikan dengan kondisi Madrasah saya, dalam setiap jenjang terdiri dari satu rombel. TaRL itu bisa menjadi trobosan yang relevan dengan proses pembelajaran saat ini, Dimana dalam satu kelas yang beragam kemampuan peserta didik, akan memberikan jalan keluar untuk bisa dijadikan wahana belajar yang menarik buat mereka, sehingga dapat mengatasi kesenjangan pembelajaran, serta peserta didik dapat memperoleh pemahaman setiap materi sesuai kemampuan mereka. sehingga dapat mengatasi kesenjangan pembelajaran, serta peserta didik dapat memperoleh pemahaman setiap materi sesuai kemampuan mereka. Pendekatan ini akan menghasilkan pembelajaran yang menarik dan yang pasti akan mendapatkan hasil sesuai dengan rancangan pembelajaran yang sudah disusun oleh guru sebelum pembelajaran di mulai.

E.  KESIMPULAN

        Dari jurnal pembelajaran melalui Pendekatan Teaching at The Right Level pada materi Things Arounds Me”, disimpulkan bahwa pendekatan ini relevan dengan kondisi peserta didik kami, sehingga harapan terbesar kami untuk Madrasah kami, bisa mengambil manfaat yan lebih, dengan adanya perubahan pasti hasil yang maksimal akan terwujud. Baik dari segi tingkat kecapaian peserta didik yang meningkat, dan juga mengajak rekan sejawat untuk bisa berkolaborasi dalam menentukan keberhasilan Pendidikan di Madrasah kami.

8 komentar:

  1. Keren sekali rancangan kegiatan di kelasnya. Bisa mengakomodir dan memfasilitasi semua siswa sesuai kemampuannya masing-masing. Jadi tidak perlu khawatir ada siswa yang tidak bisa menambah atau meningkatkan pengetahuannya :D karena semua siswa bisa berkembang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih bu Nur Ika Liana, atas komentarnya, semoga madrasah kita bisa menjadi wahana pembelajaran buat peserta didik kita, aamiin

      Hapus
  2. bagus bu, dengan metode ini membuat anak semakin bersemangat dan anak pun cepat faham

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya semoga bisa dilaksanakan dengan baik sesuai rancangan pembelajaran di madrasah kita, terimakasih

      Hapus
  3. Mantap rancangan awal kegiatan pembelajaran nya, sehingga kita bisa mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuannya. Padà akhirnya tujuan pembelajaran bisa tercapai secara maksimal

    BalasHapus
  4. Keren sekali,, pendekatan yang dilakukan sangat menarik, sehingga Peserta Didik tidak bosen untuk mengikuti kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung. Dan dengan pendekatan ini Peserta Didik yg kurang mampu secara IQ tetap bisa mengikuti pelajaran tanpa merasa terabaikan.

    BalasHapus

Kondisi Kelas 7 Madrasahku

Disudut sebelah Utara bangunan Madrasahku terdapat sebuah kelas yang membuat ku merasa nyaman. Ketika masuk disambut dengan dua pintu bewarn...