Rabu, 29 Juni 2022

Pertemuan Yang Ke Sembilan Belas Bersama Andi Offset

 


Judul                : Pemasaran Buku

Resume ke        : 19

Gelombang        : 25

Hari/tanggal        : Rabu, 29 Juni 2022

Narasumber        : Agus Subardana


Bismillahirrohmanirrohim

            Malam ini masih terasa dingin yang sangat mengena kulit, sampai kedalam daging, haha lebay banget. Ya sampailah di materi Pemasaran Buku namanya juga pemasaran sama persis jika kita berada di pasar, pasti banyak sekali kegiatan untuk bisa saling tarik menarik agar terjual maupun terbeli apapun yang ada di pasar.

            Narasumber ampuh yang sangat banyak pengalaman di dunia perbukuan yaitu bapak Agus Subardana dan moderator bapak Sigid.  Menyapa para peserta termasuk saya, yang matanya tinggal setengah watt, astagfirullah, Ingat belajar belajar dulu, ku coba memahami materi malam ini, semampu aku. Ternyata kesimpulan dari serangkaian penyampaian materi bapak Agus adalah :

🌷 Penerbit Andi Offset sudah banyak buku yang diterbitkan 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).

Hampir dua tahun yang lalu, kita digoncangkan dengan adanya pandemi Covid, ternyata ini memberikan pengaruh sangat besar dalam dunia perbukuan. Yang biasanya banyak peminat pembeli pergi ke toko buku, menjadi minim, sehingga banyak penerbit yang gulung tikar.

🌷 Strategi pemasaran dipengaruhi oleh faktor Mikro yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat, dan faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya. 

MACAM - MACAM STRATEGI PEMASARAN

1. Strategi serangan lewat udara (Online)

        Strategi ini digunakan ketika dunia yang sulit dijangkau oleh keadaan, maka dari itu yang bisa digunakan adalah memasarkan buku lewat online, dengan selalu mempertahankan kualitas serta kepercayaan kepada konsumen, agar tetap menjadi pembaca setia. Bisa juga pemasaran melalui sebuah komunitas, melalui chat WA, atau via wapri atau dengan cara yang mudah untuk memasarkan lewat medsos. Penerbit ANDI juga terus mengadakan aktifitas pemarasan lewat komunitas dengan mengadakan webinar lewat link  Zoom , Live Youtube TV. ANDI, dengan tema – tema yang menarik .

2. Strategi serangan lewat darat (Offline)

     Strategi ini digunakan agar pelebaran sayap perkembangbiakan buku lebih mudah caranya  menjalin kerjasama dengan toko buku di berbagai daerah.Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional karena saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus. Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :

- Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
- Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
- Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
- Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut yaitu melalui Kepala Toko nya dan Supervisor .
- Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM , dll )

Directselling 

Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :

- Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).

- Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah

- Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum

                Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) di setiap wilayah Kota dan Kabupaten. Penerbit ANDI Offset mempunya 96 Cabang di Indonesia dari Aceh s.d Jayapura

                Demikian  Strategi pemasaran buku secara singkat , dan masih banyak lagi strategi pemasaran buku yang terus berkembang. Sebagai “Tenaga pemasarann buku sangat bangga sebagai ujung tombak dalam menyebarluaskan karya – karya tulisan ilmu pengetahuan yang sangat berdampak sekali melalui jalur non formal ikut serta dalam  menceraskan kehidupan bangsa Indonesia”.

            Itulah ringkasan pertemuan malam ini, mengenai pemasaran buku, yang dikupas tuntas oleh bapak Agus, yang sangat gamblang, semoga kita semua diberi kesempatan dan anugerah bisa menerbitkan buku dan dipasarkan ke seluruh dunia pembaca pada umumnya. Terimakasih atas ilmunya, meski resume yangs selalu sederhana, tapi semoga tetap bermakna, aamiin.

Alhamdulillahirobbil alamin


            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pertemuan Kedua Puluh Enam Malam Sabtu

  Judul                    : Membuat Cover Buku Yang Menarik Resume               : 26 Gelombang         : 25 Hari/tanggal        : Jumat, 1...